Menjaga dan mempertahankan kualitas Air Kolam Ikan Koi

Menjaga dan mempertahankan kualitas Air Kolam Ikan Koi

Koi kesayangan kita akan hidup sehat kalau kualitas air kolamnya prima. Penurunan kualitas air karena sampah, kotoran dan sisa pakan yang tidak termakan, bisa membuat air tercemar dan menyebabkan mudahnya koi terserang penyakit.

A. Seberapa Besar Pengaruh Kualitas Air Terhadap Perkembangan Koi ?

Delapan puluh persen masalah yang dihadapi Pembudidaya dan Hobiis adalah kualitas air. Buruknya kualitas air bisa menyebabkan persoalan serius bagi Koi, misalnya warna menjadi pucat, keracunan atau kekurangan oksigen bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyebab buruknya kualitas air cukup beragam antara lain penyebaran alga yang terlalu padat imbasnya, selain tidak sedap dipandang mata juga menjadi penyebab berkembanganya berbagai penyakit. Selain itu keberadaan alga dapat merampas oksigen yang sangat dibutuhkan bagi koi, sehingga koi bisa mengalami keracunan.

B. Bagaimana Menciptakan Kualitas Air yang Baik Untuk Memelihara Koi?

Tinggi atau rendahnya kualitas air sangat dipengaruhi oleh struktur kolam yang baik, harus menyertakan saluran pembuangan (drainase) di bagian bawah kolam. Sementara itu di bagian atas kolam dibuat pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Supaya kebersihannya lebih terjamin, sebelum masuk ke dalam kolam air harus disaring terlebih dahulu di dalam bak filter yan berisi batu, bioboll filter (berfungsi untuk sarang bakteri), arang, batu karang, dan zeolit. Supaya oksigen yang terlarut semakin banyak, sebelum masuk ke dalam kolam, air yang keluar dari bak filter harus dialirkan melalui parit kecil yang berisi kerikil. Seluruh sirkulasi air ini bisa digerakkan oleh pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan teknik ini kolam tidak perlu sering dibersihkan.

 

C. Berapa Suhu yang Ideal Untuk Memelihara Koi?

Semua jenis ikan, termasuk koi, adalah hewan berdarah dingin. Artinya temperatur tubuhnya sangat tergantung pada suhu air sebagai lingkungan hidupnya. Koi dapat hidup pada kisaran suhu 0 – 35 0 C. tetapi pada suhu yang ekstrim misalnya 0 0 C ikan akan berhenti makan dan sitemr kekebalan tubuhnya hilang. Sehingga sangat mudah dihinggapi penyakit. Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh koi sudah mulai tidak aktif bekerja pada suhu 12 0 C. Suhu ideal untuk koi adalah 15 – 25 0 C. Pada kisaran suhu tersebut, fungsi tubuh koi sangat efektif dan tahan terhadap berbagai ancaman serangan penyakit.

D. Berapa Kondisi Ph dan Kesadahan (Kadar Garam) yang Ideal Untuk Koi?

Idealnya kisaran Ph yang dibutuhkan koi agar tumbuh sehat adalah 6,5 – 8,5. Sementara itu nilai kesadahan (hardness) yang toleran terhadap koi antara 2 – 20 0 C Hardnes (HD).

Bagaimana Cara Menjaga Kualitas Air?

Setidaknya 20% kegiatan budidaya dan pemeliharaan koi ditentukan oleh kualitas air. Sisanya ditentukan oleh kualitas pakan, sifat genetis koi, dan faktor-faktor lainnya.ada 4 cara menjaga kualitas air di dalam kolam sebagai berikut:

  1. Mengganti air secara rutin.
  2. Membersihkan kolam.
  3. Menyaring air.
  4. Memberi obat pengikat ke dalam air yang kotor. Obat pengikat ini adalah Aquadien atau Aquafital.

 


Disadur dari buku :

- Koi : Si Ikan Panjang Umur ,penerbit Agro Media Pustaka 2005

- KOi Oleh Heru Susanto, penerbit Penebar swadaya 2005